Images

Principe of mine

Belakangan saya ngrasa bener-bener perlu meyakinkan diri saya pada satu prinsip. Sebenernya sebelumnya emang udah kayak gitu sih saya sehari-hari. Tp gak tau kenapa makin kesini tu saya ngrasa makin banyak aja gt orang yg suka gak nyadar diri. Begh. .bawaanya pengen ngepret tu orang sampe miskin. Prinsip saya itu memang sederhana sih, tp besar dampaknya bagi kelangsungan hidup saya sebagai makhluk sosial knapa selalu lebay?loh,ya biarin aja,orang ini lapak saya sendiri kok!
Kalo menurut hemat saya, ini lagi bahasa jaman mbulak masih dipake aja kita memang perlu menjaga hubungan baik sama semua orang, mau sodara, temen, sahabat, pacar, mantan, cem2an, selingkuhan, TTM-an [loh??]. Pokoknya siapa aja deh yang ada di dunia kita. Tapi kalo saya bilang sih, menjaga hubungan baik itu bukan berarti kita harus selalu bisa membuat mereka senang dg semua keputusan yang kita ambil. Sekali lagi ini menurut saya, mungkin orang laen beda pandangan ya monggo mawon. .
Konsepnya sih gini, pernah denger atau masih inget cerita si Nasrudin dan anaknya yang mau jualin keledai ke pasar gak? OK, saya ingetin lagi deh kalo lupa. Jadi Nasrudin ini pengen jualin keledainya ke pasar, dia berangkat bareng sama anaknya. Dalam perjalanan menuju ke pasar, si Nasrudin naekin deh tu keledai sedangkan anaknya jalan di sebelahnya, karena si anak ingin berbakti sama bapaknya jadi bolehin bapaknya aja yang naek. Eh, mereka papasan sama tetangga1, si tetangga1 ini agak comel juga mulutnya trus dia komentar "Lo gimana sih Din? masa anak masi kecil lo biarin jalan, lo nya enak2an naek keledai!jaman memang edan ya sekarang?!". Serta merta si Nasrudin turun dari punggung keledai, gara2 omongan tetangga1 tadi dia kasian sama anaknya dan mempersilakan si anak aja yng naek punggung keledainya. Gak jauh dari situ, mereka ketemu sama tetangga2 yang mulutnya nyrocos aja kayak kran bocor dia bilang gini "ya ampun, dasar anak tak tau diri!masa bapaknya dibiarin jalan berpeluh-peluh sementara kamunya petentang-petenteng di atas keledai, gak sopan!ckckckck. . .". Denger omongan itu Nasrudin dan anaknya muter otak lagi, gimana ya biar mereka gak di suudzan-in mulu ma ornag-orang itu? Nah, setelah berpikir keras, mereka nemuin solusi akhirnya! Mereka berdua naeklah ke punggung si keledai. . santai kayak di pantai, sampai akhirnya di depan mereka ketemu sama tetangga3  yg ini lebih ngguapleki lagi dia bilang "LU BERDUA GAK PUNYA OTAK APA? keledai kecil gitu lu naekin barengan, lu pikir kalian  itu gak berat??". Mikir2 lg, bener juga kata si tetangga3 ini. Akhirnya mereka turun, nuntun kuda sambil jalan, ngobrol ngomongin rencana ke depan mau kayak gimana. . lebay lagi lah ini namanya trus lewatlah tetangga4,  katanya gini "eh, kalian tu bego apa dongo sih?? ada keledai kok dianggurin malah pilih cape-cape jalan?oon luuuu!". Bingung lagi deh mereka berdua mikirin apa maunya orang-orang itu? dan Nasrudin pun uda keabisan akal, mentok, ngejedok, dia pun frustasi! akhirnya apa yg Nasrudin buat? digendong pun itu keledai idup-idup nyampe pasar.



Dan sadar gak sih loooooo??? dari kisah ini ada pesan moral yg saya pikir sangat k-e-r-e-n! Semua orang memang bebas nyampein pendapatnya masing-masing, tapi sampai kapan kita ngabisin waktu sia-sia cuma buat nurutin mereka supaya mereka semua seneng?? It's so damn impossible! kenyataannya gak bakalan bisa deh kita nyenengin semua orang mau gimanapun usaha kita, pasti ada plus dan minusnya di mata orang.
Jadi mulai sekarang, prinsip yang saya pengen tegesin daritadi tu buat saya yang penting SAYA TAU APA YANG SAYA MAU, kalo orang laen gak suka dan nganggep saya egois dan sebenernya mungkin emang mereka gak salah bilang gitu ya itu yang saya sebut sebagai RESIKO. Setelah saya berusaha yg terbaik yg saya mampu giliran orang-orang di sekeliling saya yang berusaha menerima semua keputusan saya. Just if you want to life on your own way, don't let anyone to be your "hero", cause you have your own head, foot, hands, and destination!

0 comments: